Cara Membuat Website Toko Online

Membuat Website Toko Online

Cara Membuat Website Toko Online? Tapi bingung bagaimana cara membuat website toko online? kentalmanis.my.id akan menjelaskan lebih detail bagaimana cara membuat dan mengoptimalkan website toko online dan apa saja yang diperlukan untuk membuat toko online sendiri jika anda tidak ingin ribet anda bisa menggunakan jasa pembuatan website toko online.

Panduan Membuat Website Toko Online

Panduan Membuat Website Toko Online

Jika Anda Menggunakan jasa pembuatan website toko online mungkin anda tidak akan susah susah berpikir metode apa dan bagaimana membuatnya agar menarik. Atau anda bisa membuat toko online sendiri tanpa perlu tahu coding sama sekali. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkap di bawah ini ya!

Tentukan Nama Toko Online

Nama toko sangat penting untuk toko online Anda. Nama toko ini sesuai dengan merek / merek Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuat nama yang baik untuk toko online yang mudah diingat pelanggan.

Nama toko sendiri merupakan kunci pertama keberhasilan toko online Anda. Jadi gunakan nama toko yang pendek dan relevan dengan produk yang Anda jual.

Baca Juga: Melakukan Priklanan Dengan Menggunakan Mobile Marketing

Saat menentukan nama toko, perhatikan juga ketersediaan nama domain tersebut, apakah masih tersedia atau sudah ada. Jika nama karakter yang Anda cari sudah dimiliki orang lain, pertimbangkan untuk menggunakan nama toko yang berbeda.

Memperhatikan! Sebelum Anda menentukan nama toko, periksa ketersediaan nama domain. Anda bisa mengecek dan membeli nama domain murah dari tempat web penyedia jasa tersebut.. Anda bisa mendapatkan domain dengan harga murah dan tentunya 100% kepemilikan domain.

Tentukan hosting untuk situs toko online Anda

Hosting adalah hal terpenting untuk toko online Anda. Jika Anda ingin membuat website toko online, Anda perlu mengetahui apa saja kebutuhan hosting untuk toko online karena hosting menentukan performa situs toko online Anda. Apakah dapat diakses dengan cepat dan tidak mudah dijangkau ketika ada banyak pelanggan? Berikut adalah persyaratan hosting server minimum untuk toko online:

Baca Juga:  Melakukan Priklanan Dengan Menggunakan Mobile Marketing

1 inti CPU dan RAM 1 GB

Spesifikasi hosting minimum Anda adalah 1 inti CPU dan 1 GB RAM. Spesifikasi ini digunakan di situs web untuk lalu lintas rendah hingga sedang.

Untuk lalu lintas data sedang hingga tinggi, lalu lintas data minimum adalah 2 inti CPU dan RAM 2 GB. Anda juga bisa menggunakan VPS Indonesia, namun tidak disarankan bagi Anda yang baru mengenal managed server

Ruang penyimpanan 2 GB

Ruang penyimpanan minimum untuk toko online adalah 2 GB, di bawah ini tidak disarankan. Karena toko online membutuhkan banyak ruang penyimpanan untuk menyimpan gambar.

Anda perlu memahami bahwa untuk produk apa pun yang muncul di jendela toko online Anda, tidak mungkin untuk menampilkan hanya satu gambar. Harus ada beberapa gambar untuk mendukung gambar utama. Untuk itu, ruang penyimpanan minimal toko online adalah 2 GB

Gunakan penyimpanan SSD

Hosting yang Anda gunakan untuk toko online harus menggunakan penyimpanan SSD. Karena hosting dengan SSD memiliki performa yang jauh lebih tinggi daripada hosting dengan HDD. Sebaiknya periksa media penyimpanan dengan SSD atau HDD sebelum membeli hosting.

Unlimited Inodes

Inode adalah jumlah file yang disimpan di akun hosting Anda. Saat membuat toko online, disebutkan bahwa Anda pasti akan menggunakan banyak gambar. Oleh karena itu, hosting untuk toko online setidaknya memiliki fungsi inode yang tidak terbatas.

Dengan spesifikasi ini, harga rata-rata yang ditawarkan beberapa penyedia hosting lebih dari 100.000 per bulan. Namun, Anda dapat menggunakan Hosting Khusus Toko Online dari pakar hosting.

Anda bisa mendapatkan hosting berspesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah. Cukup untuk 75.000 Anda mendapatkan hosting dengan spesifikasi CPU 2 inti, RAM 2 GB, penyimpanan SSD 10GB, dan inode tidak terbatas.

Baca Juga:  Tips Menghilang Stres Saat Berbelanja Online

Baca Juga: Cara Mudah Berjualan Online Melalui Tokopedia

Dengan spesifikasi ini, toko online Anda akan menawarkan kinerja yang luar biasa baik dalam hal kecepatan situs web, kinerja server minimum karena lalu lintas, dan ruang yang besar untuk menyimpan semua jenis file Anda.

Tentukan Toko Online CMS Anda

Jika Anda ingin membuat situs web toko online, Anda perlu menentukan CMS, CMS, atau sistem manajemen konten. Ini adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambah dan / atau mengedit (mengubah) konten situs web.

CMS memudahkan Anda dalam mengelola toko online Anda. Jadi apa CMS terbaik untuk toko online? Mimin tetap merekomendasikan menggunakan CMS WordPress. Berikut adalah alasan mengapa Anda harus menggunakan CMS WordPress untuk toko online Anda

  • Gratis dan open source
  • Mudah dipahami dan dikelola bahkan untuk orang awam
  • Banyak sekali tutorial WordPress di internet
  • Memiliki banyak dukungan (tema, plugin, dll.)
  • Mudah dioptimalkan

Bagaimana cara membuat toko online dengan WordPress ?

Membuat website toko online dengan WordPress cukup mudah karena tidak perlu memahami bahasa pemrograman tambahan karena sudah ada banyak alat dan plugin untuk membantu Anda membuat toko online, apalagi jika menggunakan jasa pembuatan website toko online anda akan mendapatkan kepuasan dalam berjualan karena semua fitur yang disediakan sangat memudahkan anda. Berikut tutorial membuat toko online dengan WordPress:

Pertama, instal WordPress

Instal CMS WordPress di hosting Anda, Anda bisa melalui alat Softaculous

Lalu pergi ke dashboard WordPress

Buka dasbor WordPress dengan masuk ke situs web melalui URL sitename.com/wp-admin dan gunakan pengguna yang sesuai saat menginstal WordPress.

Instal plugin Woocommerce

Plugin Woocommerce adalah plugin untuk membuat toko online. Caranya pilih menu plugin WordPress -> Add New. Kemudian cari plugin Woocommerce, instal dan aktifkan plugin Woocommerce.

Baca Juga:  Platform Iklan MGID Alternatif Selain Adsense

Selain itu, pengaturan plugin Woocommerce

Setelah instalasi dan aktivasi, Anda akan diarahkan ke halaman dengan pengaturan plugin Woocommerce. Anda mengaturnya sesuai toko online Anda hingga proses pengaturan selesai.

Setelah selesai, unggah produk toko online

Anda dapat mengunggah produk Anda menggunakan plugin WooCommerce. Untuk melakukan ini, pilih menu Produk WordPress -> Tambah Baru

Lanjutkan membuat kontribusi produk

Setelah masuk ke halaman postingan produk, Anda dapat menambahkan judul produk, deskripsi produk, dan kategori ke harga jual produk. Jangan lupa tambahkan gambar produk dan gambar galeri produk. Jangan lupa untuk mempublikasikannya

Lihat hasil upload produk

Untuk melihat hasil upload produk, klik View di bagian atas postingan setelah dipublikasikan. Atau Anda dapat membuka url sitename.com/product/productname. Anda dapat mengulangi langkah 5, 6, 7 untuk menambahkan lebih banyak produk ke toko online Anda.

Selesai, jadi kamu bisa melihat semua produk toko online, Untuk melihat seluruh produk, buka tautan sitename.com/shop

Sehingga Anda dapat dengan mudah membuat toko online sendiri. Dengan WordPress dan bantuan plugin WooCommerce, Anda dapat dengan mudah membuat toko online Anda sendiri.

Dengan plugin Woocommerce, Anda dapat menentukan harga pengiriman dan metode pembayaran, membuat kode kupon untuk diskon produk, dan melihat pesanan yang masuk dari toko online Anda serta laporan hasil penjualan di toko online Anda.

Untuk membuat website toko online custom, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website toko online yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan meningkatkan toko online Anda. Anda juga dapat mencari tema WordPress online tertentu atau membelinya dan membuat penyesuaian sendiri.

Related Post